Senin, 10 Juli 2017

Install Mikrotik menggunakan Virtual Box

Lab Teknik II 
Cara Install Mikrotik Menggunakan Virtual Box 



VirtualBox memungkinkan anda membuat komputer virtual di dalam komputer fisik anda, anda dapat menjalankan beberapa sistem operasi tanpa berurusan dengan konfigurasi dual boot atau perangkat keras. Menyiapkan VirtualBox sangat mudah, dan sebagian besar waktu anda akan dihabiskan untuk melakukan instalasi sistem stabndar. 

Mikrotik adalah sistem operasi berbasis Linux yang dibundel dengan banyak alat yang sudah disertakan seperti static/dynamic routing, wireles, hotspot, bandwidth manager dan masih banyak lagi. Hal yang membuatnya lebih atraktif adalah harganya yang jauh lebih murah dibanding merek peralatan router lainnya. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk intslisasi Mikrotik
1. Download VirtualBox, virtualbox dari oracle tersedia secara gratis dari situs pengembang. Pastikan anda mendownload versi yang benar untuk sistem operasi anda. Ada beberapa pilihan untuk versi linux. Pilih paket yang sesuai dengan distribusi Linux Anda, atau gunakan opsi "All Distribution" jika distribusi Linux Anda tidak terdaftar


2. Install Program VirtualBox. Jika anda menggunakan Windows, klik dua kali file setup dan ikuti perintah untuk menginstall. Jika anda menggunakan mac, buka fila DMG yang anda download dan seret file VirtualBox ke folder Aplications Anda. Selama instalasi Windows, simpan semua opsi yang disetel ke default mereka. Klik Next sampai Proses Intslisasi selesai.

3. Download file iso MIkrotik. Simpan di harddisk anda

4. Jalankan perangkat lunak VirtualBox anda. Klik Machine > New (ctr+n) untuk membuat mesin virtual baru melalui Virtual Machine Wizard. Kemudian klik next 

5. Panda jendela VM Name dan OStype, masukkan "mikrotik" dibawah name. di bawah OS Type, pilih Linux sebagai operating system dan Other Linux as version, lalu klik next 


6. Untuk alokasi memori ke mesin virtual, atur sebagai default 256 mb lalu klik next 





7. Pada harddisk virtual, periksa opsi Boot Hard Disk (Primary Master). dan kemudian kita perlu membuat Hard Disk baru agar mikrotik bisa diinstal.


8. Buat Virtual Disk Wizard akan muncul. Pilih penyimpanan yang diperluas secara dinamis untuk jenis penyimpanan (dipilih secara default) 

9. Karena perangkat lunak mikrotik sangat kecil, ruang 512mb sudah lebih dari cukup untuk anda 

10. Langkah selanjutnya adalah mengarahkan VirtualBox untuk menggunakan file gambar iso boot. caranya klik setting => CD/DVD-ROM. Cek MOunt CD/DVD Drive dan pilih ISO Image file kemudian arahkan ke file iso mikrotik. Pastikan dalam kategori sistem, boot order pertama menggunakan CD/DVD-Rom, lalu klik OK




11. Sekarang saatnya memulai boot dari ISO Image File. Pastikan mesin virtual Mikrotik dipilih lalu klik start

12. Mikrotik akan melakukan booting dan setelah mendeteksi semua perangkat, "Welcome to Mikrotik Router Software Installation" dan anda siap untuk terus menginstal software yang anda butuhkan.






Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +