Senin, 10 Juli 2017

WEB dan DNS SERVER bagian 2

Lab Teknik II
WEB dan DNS Server Linux 


Fungsi utama sebuah Server WEB adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah di tentukan. Disebabkan sebuah halaman WEB dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video dan lainnya. Pemanfaatan server WEB berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video atau lainnya. 


Untuk menginstalnya kita butuh 4 Aplikasu yaitu php5, apache2, mysql-server dan phpmyadmin. Anda hanya perlu mengetikan "apt-get instal apache2" begitu pula untuk php5, mysql-server dan php myadmin. 

Pada tahap instalasi mysql akan meminta password untuk mysql. Masukan saja minimal 8 karakter 



Masukan password yang sama seperti kita memberika password untuk mysql diatas. kemudian klik OK


Untuk mengeceknya silahkan buka pada komputer client, buka pada browser kita dan ketikan alamat server/ ip server yang digunakan. Jika WEB Server telah terinstall maka akan muncul tampilan "It Works!"


Dan untuk mengecek phpmyadmin masukan saja ip address/phpmyadmin. Phpmyadmin ini adalah interface untuk membuat databace. biasanya digunakan oleh para programer dan database administrator dalam bekerja.





DNS SERVER

Domain Name System (DNS) adalah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dajal jaringan komputer, misalkan : internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. 

Domain adalah mengubah alamat IP Address menjadi nama sebuah alamat seperti google.com, yahoo.com. Penamaan domain ada dua jenis yaitu local dan internet. nama domain lokal dapat dituliskan secara bebas seperti baca.selalu, perpustakaan.clm, dll. sedangkan nama domain internet harus mengikuti aturan tertentu seperti .com, .org, .co, dll. 


Pada linux server dapat dikonfigurasikan dengan menginstall bind9. Untuk menginstalnya masukan dengan user root. dan ketikan perintah "apt-get install bind9". Lalu setelah proses installasi selesai langkah selanjutnya adalan mengkonfigurasi bind9 dengan nama file nya adalah name.conf.local yang berada di directory /etc/bind/ 

           "#cd /etc/bind/"
           "#nano named.conf.local"

Pada baris paling bawah tambahkan scrip berikut :

          "zone "labtk.slm" {
          "type master;"
          "file "/etc/bind/db.tk1";"
         " };"

         "zone "10.168.192.in-addr.arpa" {
         "type master;"
          "file "/etc/bind/db.tk2";"
         " };"


Setelah itu save konfigurasi tersebut lalu konfigurasi 2 file tersebut yaitu db.local dan db.127. karena pada konfigurasi sebelumnya tertulis db.tk1 dan db.tk2. File tersebut yang akan menjadi file konfigurasi DNS. Maka kita perlu mencopy file db.local menjadi db.tk1 dan db.127 menjadi db.tk2. 

untuk konfigurasi db.tk1 ketikan perintah "nano db.tk1". 

Pada listing diatas ubah pada tulisan localhost menjadi alamat domain untuk local kita yaitu labtk.clm dan bagian bawah NS isikan juga labtk.slm dan untuk sub domain www dan mail kita ganti dengan IP Server Local yaitu yang tadi anda masukan di awal, contoh 192.168.10.1. 

Hal yang sama juga lakukan pada file db.ltk2 


Setelah konfigurasi bind selesai. Lakukan restart pada service tersebut dengan mengetikan perintah "service bind9 restart"

Lalu coba lakukan tes ping ke alamat tadi, labtk.slm. Lakukan juga ping di komputer client jika sukses maka akan ada replay dari komputer server.




Dan jika kita mengakses domain tersebut kepada web browser maka akan optimasi terhubung dengan web server yang sebelumnya telah kita buat. 



Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +