Rabu, 22 Maret 2017

Perkenalan Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER 


A. Pengertian Jaringan Komputer 
   
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer serta berbagai berbagai perangkat pendukung lainnya yang saling dihubungkan menggunakan sebuah media sehingga dapat saling berkomunikasi dan berbagai sumber daya. 



B. Manfaat Jaringan Komputer 
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
1.    Sharing resources
Sharing resources bertujuan gar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakaian 

2.    Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.

3.    Integrasi Data
jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.

4.    Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama-sama.

5.    Keamanan Data
Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap kita dengan pemasangan perangkat keamanan pada suatu tempat untuk mengamankan seluruh jaringan komputer (Ex. Firewall)

6.    Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini


Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera diketahui oleh setiap pemakai


C. Jenis Jaringan Komputer 

Klasifikasi Jaringan Komputer ditentukan berdasarkan jarak jangkauan jaringan atau cakupan area yang dilingkupi jaringan tersebut.

1.    Personal Area Network (PAN)
PAN (Personal Area Network) merupakan jenis jaringan komputer yang berhubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. biasanya, jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan HP dengan komputer.  

2.    Local Area Network (LAN) 
Jenis jaringan LAN ini sangat sering kita temui di warnet-warnet, kampus, sekolah ataupun perkantoran yang membutuhkan hubungan atau koneksi antara dua komputer atau lebih dalam suatu ruangan.

3.    Metropolitan Area Network (MAN)
Jenis jaringan komputer MAN ini adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti sekolah, kampus, perkantoran dan pemerintahan. sebenarnya jaringan MAN ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangkauan dari jaringan MAN ini bisa mencapai 10-50 kilo.

4.    Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubungkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.


D. Topologi Jaringan Komputer 

Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. dalam definisi topologi terbagi menjadi dua, yaitu Topologi Fisik (physical topology) yang menunjukan posisi pemasangan kabel secara fisik dan topologi logik (logical topology) yang menunjukkan bagaimana suatu media diakses oleh host.

Adapun topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan adalah : 

1.    Topologi Bus (Bus Topology)
Menggunakan satu segment (panjang kabel) backbone, yaitu yang menyambungkan semua host secara langsung. 

2.    Topologi Ring (Ring Topology) 
Menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. secara fisik jaringan ini membentuk ring (lingkaran).

3.    Topologi Star (Star Topology) 
Menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. titik ini biasanya menggunakan Hub atau Switch.

4.    Topologi Extended Star (Extended Star Topology) 
Merupakan perkembangan dari topologi star. memiliki beberapa titik yang terhubung ke satu titik utama.

5.    Topologi Hirarki (Hirarki Topology) 
Dibuat mirip dengan topologi extended star. sistem dihubungkan ke komputer yang mengendalikan trafik pada topologi.

6.    Topologi Mesh (Mesh Topology) 
Menghubungkan satu titik ke titik yang lainnya. kondisinya dimana tidak ada hubungan komunikasi terputus secara absolut antara node komputer.

Topologi Logik pada umumnya terbagi menjadi dua tipe, yaitu : 

1.    Topologi Broadcast
Secara sederhana dapat digambarkan yaitu suatu host yang mengirimkan data kepada seluruh host lain pada media jaringan. 

2.    Topologi Token Pasing 
Mengatur pengiriman data pada host melalui media dengan menggunakan token yang secara teratur berputar pada seluruh host. host hanya dapat mengirimkan data hanya jika host tersebut memiliki token. dengan token ini, collision dapat dicegah.





Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +