Minggu, 16 April 2017

MERANGKAI KABEL STRAIGHT & CROSS




Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah suatu kabel yang digunakan sebagai media penghubung antar komputer dan peralatan jaringan (Hub atau switch). Kabel twisted pair ada dua tipe, yang menggunakan shield (berupa foil) dan yang tidak menggunakan shield. kabel yang menggunakan shield disebut STP (Shielded Twisted Pair) atau FTP (Foiled Twisted Pair), sedangkan yang tidak menggunakan shield disebut UTP (Unshielded Twisted Pair). 

Ada beberapa pilihan kabel UTP yang dikelompokkan dengan istilah "Category". sehingga nama tipe UTP diawali dengan CAT (Diambil dari kata category). semakin tinggi kategori, semakin rapat lilitan keempat pasang kabel. semakin rapat lilitan kabel ini, berarti semakin tinggi juga bandwidth efektif dan kapasitas output yang dapat dicapai dan semakin jauh pula jangkauan sinyal yang bisa disalurkan oleh kabel (dengan risiko hilangnya sinyal semakin kecil).
Beberapa category tersebut ada : CAT3, CAT5, CAT5E, CAT6. 

Yang paling sering digunakan adalah CAT%, karena kabel CAT5 terdiri dari empat pasang kabel. kabel ini diperuntukan bagi aplikasi data hingga 100MHz. Kabel data UTP umumnya dinamakan "kabel CAT5", namun CAT5 berbeda dengan CAT5E. CAT5E memiliki standar keseragaman dan kerapatan lilitan pasangan kabel yang lebih tinggi. 


1. Kabel Straight

kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge, dsb.

Untuk susunan warna kabel straigth antara konektor 1 dan 2 sama: 
1. Putih - Orange 
2. Orange
3. Putih - Hijau 
4. Biru 
5. Putih Biru 
6. Hijau 
7. Putih - Cokelat
8. Cokelat 






2. Kabel Cross

Dua buah komputer (tidak lebih) dapat saling dihubungkan secara point to-point. sitem operasi Windows menyebutnya dengan istilah direct cable connection atau DCC. DCC biasanya diimplementasikan menggunakan kabel null modern (serial) dan null printer atau laplink (paralel).

Point-to-point connection juga dapat diwujudkan menggunakan kabel crossover atau cross UTP. kita masih memerlukan ethernet card namun bisa menghemat biaya pembelian hub atau switch. yang dibutuhkan hanyalah seutas kabel UTP yang telah "diutak-atik" sedemikan rupa sehingga dapat digunakan untuk koneksi dua buah komputer. Kabel cross UTP tersedia di toko komputer. 

berikut susunan warna untuk kabel cross :






Alat dan Cara Pemasangan 

Kabel UTP yang digunakan sedikit berbeda dengan kabel UTP biasa. Perangkat yang dibutuhkan untuk membuatnya sebagai berikut : 
  • Kabel UTP spanjang 1 s/d 2 meter (atau secukupnya) 
  • Dua buah konektor RJ45
  • Crimp tool 
  • Pisau atau cutter (opsional)

Langkah-langkah membuat kabel cross UTP sebagai berikut : 
  1. Gunakan kabel UTP sepanjang 1 s/d 2 meter. kita dapat bereksperimen menggunakan kabel yang lebih panjang atau lebih pendek.
  2. Kupas isolator luar pada ujung kabel sepenjang 1 s/d 2 cm. gunakan crimp tool atau pisang. hati-hati, jangan sampai memotong kabel. Setelah isolator dikupas, dapat dilihat 4 pasang kabel berwarna yang saling terpilin.
  3. Setiap kabel harus dihubungkan dengan kaki/pin konektor RJ45 dengan ketentuan masing-masing (Cross / Straigh) 
  4. Gunakan crimp tool untuk "melekatkan" konektor. Crimp tool dibuat sedemikian rupa sehingga kabel dan RJ45 dapat "bersatu" tanpa harus disolder. 

Setelah kabel selesai dibuat, nyalakan komputer, lalu pasang kabel cross UTP dari satu ke komputer yang lain. Atau kabel straigh ke switch. Perhatikan kini lampu pada ethernet card akan menyala yang menandakan kabel berfungsi baik. setelah itu gunakan utilitas ping untuk menguji konfigurasi IP address pada komputer tersebut. 

sekali lagi perlu dipahami bahwa trik ini (cross) hanya bermanfaat manakala kita hanya akan menghubungkan dua buah komputer saja. tidak bisa lebih. Kabel UTP yang digunakan untuk keperluan network semacam ini disebut crossover atau cross UTP, sedangkan kabel UTP yang digunakan untuk network standar (yang menggunakan hub / switch) disebut kabel straight.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Recommended Posts × +